Upacara Penurunan Bendera di Universitas Telkom


S__8519682

Pada hari Senin, 17 Agustus 2015, kami dari program studi D3-Perhotelan memenuhi undangan untuk upacara bendera. Namun kali ini agak tidak biasa bagi kami karena upacara dilakukan di sore hari. Ternyata upacara yang kami ikuti adalah upacara penurunan bendera.

Meski menurut aturan yang kami pahami penurunan bendera itu biasa dilakukan pada pukul 18.00, namun di Universitas Telkom ini dilakukan pada pukul 16.30. Pelaksanaannya sendiri ternyata hampir sama dengan upacara penaikan bendera. Semua dilakukan oleh mahasiswa yang terhimpun pada sebuah pasukan pengibar bendera. Proses baris-berbarisnya juga dilakukan dengan formasi yang cukup serius. Bedanya hanya pada saat penaikan dan penurunan bendera saja. Pada upacara penurunan bendera ini dilakukan pengerekan bendera yang sudah terpasang sejak pagi untuk diturunkan. Penurunan ini juga diiringi oleh lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah bendera mencapai pangkal tiang terbawah, bendera pun dilipat dengan gerakan yang tegas dan berwibawa.

Hal menarik lainnya yang kami alami pada saat upacara penurunan bendera ini adalah dengan adanya pembawaan lagu-lagu kebangsaan yang dinyanyikan oleh tim paduan suara Universitas Telkom. Di luar dugaan saya ternyata mereka membawakannya sangat merdu dan penuh semangat!

Mungkin itu hal-hal yang bisa dikemukakan dalam catatan blog kali ini. Oh ya, setelah selesai upacara penurunan bendera ini kami menyempatkan diri berfoto-foto dengan pakaian seragam putih hitam dan aksen merah 🙂


Leave a Reply