Kunjungan Ke Hilton Hotel Bandung


IMG_5391-0.JPG IMG_5388-0.JPG

Pada tanggal 27 Mei 2015, para pengajar program studi D3 Perhotelan Universitas Telkom mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Hotel Hilton Bandung. Adapun maksud dari kunjungan ini adalah untuk mengupdate perkembangan terkini di industri perhotelan. Hotel Hilton dipilih karena ia terkenal dengan pola training-nya yang sangat baik. Juga ia merupakan sebuah chain hotel.Kunjungan kami diterima oleh Bpk. Riki selaku trainer si bidang F&B Service, Bpk. Tommy selaku trainer di bidang Rooms Division, dan Ibu Nina selaku manajer si bidang job training mahasiswa. Setelah mendapat pemaparan tentang Hilton Hotel Bandung secara umum, maka diberi kesempatan untuk tanya jawab. Para dosen yang hadir dari Universitas Telkom adalah sebanyak 11 orang, yakni Bpk. Guntur Prabawa (Kaprodi), Ibu Ratu Ratna, Bpk. Edwin Baharta, Ibu Vany, Ibu Ersy Ervina, Bpk. Suryana, Bpk. Reza, Bpk. Raka, Bpk. Dendi Gusnadi, Ibu Nurlena, dan Adrian Agoes. Setelah tanya jawab, acara pun dilanjutkan dengan ‘tour de hotel’ yang dipandu oleh Bpk. Tommy dan Bpk. Riki.Dari kunjungan ke Hilton Hotel Bandung ini, diketahui tentang kondisi terkini dari human resources development di hotel. Tujuannya adalah menjaga kualitas dengan memanfaatkan lembaga survey yang independen. Juga secara umum ditemukan bahwa prosedur pelayanan dan teknik pelayanan terlihat masih relevan dengan yang diajarkan di kampus.

Perkembangan teknologi yang digunakan sendiri tampak tidak terlalu jauh berkembang dibandingkan teknologi yang diajarkan di dalam kurikulum D3 Perhotelan Universitas Telkom yang sedang digunakan. Hanya saja terlihat adanya pemanfaatan ‘outsource’ atau ‘third party company’ yang cukup berat bobotnya di bidang IT. Perusahaan yang digunakan ini memanfaatkan e-mail kepada para responden (tamu Hilton yang pernah menginap di hotel tersebut), guna meminta masukan yang kemudian datanya diolah secara cukup canggih. Hasil perhitungan ini kemudian didistribusikan ke semua chain Hilton yang ada di dunia. Kemudian setiap unit Hilton Hotel di masing-masing lokasi akan membandingkan dirinya dengan record saat itu tentang performance mereka. Jika ada performance yang ada di bawah rata-rata Hilton secara keseluruhan, maka unit Hilton itu akan meningkatkan pelatihan di bidang-bidang yang underperform.

Tel-U (1)

Kunjungan pada hari ini ditutup dengan meals experience untuk menikmati sajian khas Hilton Hotel Bandung. Sangat lezat!


Leave a Reply